Bahayanya Ular Tanah Hingga Menyebabkan Kematian

Bagikan

Ular tanah, merupakan salah satu jenis ular yang termasuk dalam keluarga Belidak Berbisa yang sangat agresif. Ular yang biasa bertindak pada malam hari ini, merupakan salah satu ular yang sangat mematikan.

Hampir ratusan orang mati karena gigitan ular yang satu ini. Kamu harap berhati-hati ketika keluar pada malam hari, karena ular ini biasa bertindak mencari mangsa di malam hari.

Ular tanah, menyebar di daerah Asia dan Jawa, Khususnya Jawa barat, jawa tengah dan Banten. Di kabupaten lebah saja di provinsi Banten, ular tanah sering ditemukan di hutan dan dipemukiman warga. Di daerah ini, sudah hampir ribuan jiwa hilang, karena gigitan ular tanah.

Ular tanah tidak tumbuh panjang, namun ular tanah tumbuh gemuk, semakin tua, ular tanah semakin pendek dan semakin gemuk. Di daerah kabupaten Lebak, ular tanah merupakan salah satu ular yang sangat disenggani oleh masyarakat, karena ular ini ular yang paling mematikan, dan sudah banyak korbannya.

Gigitan ular tanah, tidak langsung menimbulkan kematian, namun ketika ular tersebut menggigit salah satu anggota tubuh manusia, terutama bagian kaki, ini akan menimbulkan pembengkakan, dan setelah beberapa hari kemudian, korban gigitan ular tersebut akan meninggal dunia, karena terjadi kerusakan pada bagian tubuh yang kena gigitan ular tanah tersebut.

Ular tanah adalah satu-satunya spesies anggota marga calloselasma, dan telah di ketahui, ada 2 jenis anak, diantaranya.

  • C. r. rhodostoma (BOIE 1827) – menyebar luas di, Vietnam, Laos, Kamboja, Thailand, Semenanjung Malaya, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan daerah Kepulauan Karimunjawa
  • C. r. annamensis (ANGEL 1933) – menyebar di 2 negara, Vietnam dan Kamboja. (Wikipedia)

Jika kamu tergigit oleh ular tanah ini, maka orang biasanya langsung mengikat salah satu bagian tubuh yang kena gigitan tersebut, agar racun dari gigitan ular ini tidak menyebar luas ke bagian tubuh lainnya. Karena biasanya racun gigitan ular ini akan menyebar ke bagian tubuh lainnya, melalui saluran urat, dan akan menyebabkan pembengkakan yang amat menyakitkan, hingga menimbulkan kematian.

Banyak teman-teman saya yang sudah menjadi korban gigitan ular ini, karena di daerah yang saya tempati ini rawan sekali ular tanah, bahkan saat ini musimnya ular tanah, karena musim hujan.

Racun ular tanah susah untuk diobati, hingga saat ini masih belum ditemukan obat yang mampu untuk menyembuhkan gigitan ular ini. Jika biasanya orang yang terkena gigitan ular tanah, akan mampu bertahan hingga sembuh tanpa ada obatnya, namun jika tidak, maka nyawa orang itu akan melayang.

Ya, jika ada orang yang menjadi korban gigitan ular tanah, maka orang itu harus rela diam diri, dan menghindari makan makanan-makanan yang mempunyai rasa. Maksudnya, jika kamu mau sembuh dari gigitan ular ini, kamu hanya diperbolehkan makan nasi + bakar garam saja, terdengar aneh bukan? Ya, memang hanya itu salah satu obat dari gigitan ular tanah ini.

Jadi buat kamu, bila tinggal di daerah yang telah disebutkan di atas, harap berhati-hati, khususnya untuk daerah jawa barat dan Banten, juga jawa tengah, karena daerah ini merupakan tempatnya ular tanah berkembang biak.

Buat Kamu

loading…


Newsletter