Cara Memaksimalkan Kinerja Android Yang Lemot

Bagikan

Android terkenal dengan spesifikasi dan keunggulan yang sangat memuaskan bagi para penggunanya. Android sendiri hadir dengan banyak merek dari smartphone-smartphone terkenal di dunia, mulai dari Samsung, Sony, Xiaomi, Oppo, Lenovo, dan juga merek-merek lainnya, bahkan BlackBerry dan juga Nokia kini hadir dengan memakai Os yang satu ini.

Tapi mungkin, soal kinerja Android masih kalah sama iPhone, seberapa Giga pun itu Ram pasti saja ada sedikit lag di smartphone Android ini. Tentunya ini membuat kita jadi greget, lagi asyik-asyiknya main game, eh malah nge lag, lagi asyik-asyiknya main sosmed, eh lemot. Ini kan yang selalu membuat kita jadi eeeuuhh gimana gitu, sebel yang ada. Tentunya ini pengalaman saya pribadi. Ternyata masalahnya sepele, hanya dalam penginstalan aplikasi yang sangat banyak, dan membuat Ram berkurang, tapi bukan hanya ini saja tentunya, masih banyak juga masalah yang lainnya.

Nah, disini kita akan mengetahui sedikit saja tipa dari saya, agar smartphone android yang kita miliki betjalan dengan maksimal, tidak lag, tidak lemot, dan kinerja yang cepat memuaskan.

1. Jangan banyak-banyak menginstal aplikasi

Seperti yang di atas saya bilang tadi, bahwa terlalu banyak menginstal aplikasi di smartphone android akan menyebabkan kinerja Android sangat lemot, karena aplikasi berjalan secara bersamaan dengan banyaknya, dan juga berkurangnya penyimpanan memori pada smartphone, menjadikan smartphone android kita jadi lemot, dan kinerjanya sangat membuat kita sebal. Jadi, pakai aplikasi yang penting-penting saja, misalkan aplikasi chat, sosmed, atau aplikasi yang menurut kamu penting saja.

2. Matikan aplikasi yang berjalan di latar belakang smartphone

Tentunya ini juga penyebab utama yang menjadikan smartphone kita berkinerja secara tidak memuaskan, lemot yang ada, dan tentunya ini membuat kita jadi pengen teriak. Apalagi seketika kita lagi asyik-asyik melakukan hal penting atau menghibur di smartphone kita, eh smartphone malah lag. Coba dimatikan saja aplikasi yang berjalan di latar belakang, setelah berpindah aplikasi.

3. Jangan terlalu lama menggunakan smartphone

Tentunya susah sih melakukan hal ini, karena memang kebanyakan orang menggunakan smartphone ini tidak ada batasnya, hingga lupa waktu, bahkan sampai baterai low pun masih saja digunakan, rela juga sambil nge cas mengginakan smartphone. Padahal ini sangat mengakibatkan lambatnya kinerja smartphone, bahkan smartphone akan mati dengan sendirinya, dan hidup kembali, atau reboot. Tetapi yang lebih parah lagi, smartphone mati total, tanpa hidup kembali. Jadi gunakan saja smartphone selagi di butuhkan, simpan smartphone jika tak lagi ada kepentingan.

4. Jangan kelamaan mengaktifkan data atau wifi

Karena aplikasi yang menggunakan jaringan bersingkronisasi secara otomatis dan bersamaan, tentunya membuat smartphone jadi lag, karena banyaknya aplikasi yang bersingkron secara bersamaan. Apalagi aplikasi media sosial dan chatting, ini biasanya selaku singron karena memang butuh hal itu, agar aplikasi bisa digunakan. Jadi, setelah selesai melakukan chatting maupun sosial media, ada baiknya di matiin saja data atau wifinya, agar kinerja smartphone berjalan dengan lancar.

5. Sering hapus data tidak penting

Biasanya ada pada memori, data-data tidak penting biasanya akan masuk secara otomatis dari sebuah aplikasi. Tentunya membuat penyimpanan semakin menurun, hingga kekurangan penyimpanan. Ini sama seperti oada poin pertama, kekurangan penyimpanan akan menyebabkan lambannya kinerja smartphone. Jadi, hapus saja data tidak penting, dari aplikasi, foto duplikat atau foto tidak penting, dan juga data-data yang menurut kamu tidak penting lainnya, agar storage di smartphone tidak berkurang. Dan tentunya membuat kinerja smartphone berjalan dengan lancar.

6. Install aplikasi antivirus+pengoptimalan

Selain cara-cara diatas, ada baiknya gunakan juga cara ini, ya dengan menginstal aplikasi antivirus dan juga aplikasi pengoptimalan. Biasanya ini bersatu, tapai ada yang berpisah juga, cari aja yang bersatu di play store agar tidak terlalu banyak memakan memori. Dengan menggunakan aplikasi ini tentunya akan membuat kinerja smartphone menjadi lebih baik, karena kita men scan data-data yang ada di smartphone, juga menghapus virus-virus di smartphone yang kita miliki. Eits, tapi ingat, hati-hati saat memilih aplikasi ini, agar tidak bermasalah dalam menggunakannya, karena banyak sekali aplikasi antivirus juga pengoptimalan yang ilegal, dan tentunya malah menambah banyak masalah.

Sekian cara meningkatkan kinerja smartphone android agar lebih lancat saat digunakan, dan juga membuat kita semakin nyaman. Mungkin ini tidak semua bisa digunakan, karena banyak smartphone yang spesifikasinya rendah, jadi cara ini enggak ngaruh. Tetapi coba aja dulu siapa tahu bisa.

Silahkan di coba ya, agar smartphone android kamu bekerja dengan sangat baik, dan tentunya lebih ringan saat digunakan.

Buat Kamu

loading…


Newsletter

  • nambahin nih kalau bisa beli hp RAM 2GB biar kinerja makin yahuudd

    • Betul mas.. skrg banyak yg ram di atas 2GB harganya terjangkau