Cara Merawat Baterai Android

Bagikan

Jika kamu pengguna sebuah smartphone Android, kamu sudah tahu dong bahwa baterai pada Android sangat boros, jadi bosen untuk ngecas mulu. Kita harus bisa merawat baterai Android yang kita miliki biar keadaan baterainya sehat selalu, apalagi smartphone jaman sekarang ini baterainya gak bisa di copot aliat langsung sama smartphone nya, atau baha gaulnya non removable. Jadi dengan keadaan baterai tersebut kita harus bisa merawatnya agar baterainya tidak mudah rusak, karena kalau rusak butuh biaya yang sangat gede buat benerinnya.

Tips merawat baterai Smartphone android dengan benar

1. Jangan Digunakan Sambil Ngecas

Memang, tanpa mengutak-atik smartphone rasanya gimana gitu, kebawanya pengen ngutak-ngatik terus, bahkan ketika baterainya habispun masih pengen. Tetapi hak ini harus kita hindari, gunakan smartphone disaat membutuhkannya saja, dan ketika di cas ada baiknya didiemin samapai full 100% baru gunakan kembali.

2. Gunakan Jaringan Disaat Membutuhkan

Punya smartphone tanpa akses internet memang kurang lengkap, karena jaman sekarang ini segalanya serba online, serba internet jadi kepengennya online mulu. Namun kita harus bisa mebgatur semua ini, ketika smartphone tidak digunakan, atau lagi di cas, maka matikan singkron, data selular, GPA, dan kainnya yang menghambat tenaga baterai.

3. Jangan Sampai Mati

Pernah mengalami hal seperti ini? Menggunakan smartphone hingga baterainya 0% dan mati, ada baiknya jangan sampai mati, ketika baterai sudah di bawah 20%, maka langsung di cas, agar performa baterai tetap terjaga, dan keadaan baterainya tetap baik.

4. Matikan Smartphone Sekali Sehari

Ini sih aga aneh, masa harus matikan hp tiap hari? Tapi meskipun terdengar konyol, ada baiknya lakukan lah hal ini, dengan mematikan smartphone satu kali sehari dengab waktu 5 menit, itu berarti mengistirahatkan baterai, dan hal ini membuat perfoma baterai tetap terjaga.

5. Matikan Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang

Ini juga menbuat perfoma baterai akan menurun, karena banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang smartphone, maka matikanlah Aplikasi yang berjalan tersebut, agar tidak menguras kapasitas baterai.

Jadi begitulah kira-kira Cara Merawat Baterai Smartphone Android secara efektif dan sangat mudah, tanpa menginstal aplikasi, tanpa ribet dan tanpa ini itu.

Kenapa harua di rawat? Karena agar performa baterai tetap terjaga, apalagi baterai Smartphone masa kini nempel sama smartphonenya, jadi gak bisa di ganti, mauapun di copot, ketika baterai sudah rusak, maka harus mengeluarkan uang yang sangat banyak untuk memperbaikinya. Gak mau kan hak seperti itu terjadi? Maka dari itu, rawatlah baterainya juga, jangan hanya smartphonenya doang.

Buat Kamu

loading…


Newsletter