Jangan Lihat Orang Dari Luar

Bagikan

Seperti yang telah banyak orang bicarakan terhadap kita, bahwa jangan melihat dan menilai orang dari luarnya saja. Kata – kata ini memang banyak orang bicarakan, termasuk kepada saya sendiri, bahwa kita itu gak bisa nentuin orang hanya melihat dari luarnya saja.

Ya memang bener, kita melihat orang itu baik, bahkan baik banget, dan kita langsung menilai bahwa dia orang yang baik. Namun, dari penilaian kita itu tidak bisa menentukan kebaikkan orang dari hatinya. Hal yang pernah saya alami, kenal sama orang baru, dia baik, bahkan sangat baik, tetapi saya salah menilai dia, ternyata di balik kebaikkan dia, hatinya busuk bahkan lebih busuk daripada bangke. Dari situ saya sampai sekarang tidak percaya kepada orang yang belum tahu hatinya.

Dia baik tapi belum tentu hatinya baik juga, tetapi dia kita lihat, dia sangat jahat, bahkan lebih jahat daripada apapun, tetapi kita tidak bisa menilai bahwa dia jahat. Ya belum tentu hati dia jahat, biasanya lebih baik hati orang yang kita nilai jahat, daripada hati orang yang kita nilai baik. Tentu kita harus bijak ketika menilai orang laij, hal ini merupakan pengalaman saya pribadi.

Namun saya aneh, banyak yang kenal saya mereka salah menilai orang lain ataupun temannya. Bahkan mereka percaya bahwa apa yang mereka lihat sama dengan hati yang dia miliki. Padahal enggak menjamin, seperti kebanyakan orang berkata “jangan menilai orang dari luar” apa kata tersebut kita abaikan? Tentunya kata tersebut harus kita jaga, dan harus kita ingat, dan memang kata tersebut kenyataan bukan hanya perkataan biasa, tetapi kata yang harus kita ingat ketika kita menilai orang lain.

Nah, buat kamu gimana? Apa kamu juga masih menilai orang dari luar? Ataukah gak percaya keadaan orang dari luar?

Mungkin saja ada di salah satu pembaca artikel ini lebih menilai orang dari luar, ketimbang dari hatinya, ataupun belum percaya sama keadaan seseorang, karena belum tentu hati dia sama seperti apa yang kita lihat. Yap, keadaan orang dari luar yang kita lihat tidak menjamin kebaikan maupun keburukan dari hati dia yang kita nilai.

Apalagi kita harus menilai orang baru, jadi hati-hatilah ketika menilai orang lain, jangan langsung percaya akan keadaan yang kita lihat, karena seperti yang sudah saya tulis di atas, keadaan yang kita lihat, tidak menjamin sama seperti keadaan yang belum kita ketahui.

Buat Kamu

loading…


Newsletter