Kemana Smartphone OS BlackBerry?

Bagikan

Di tahun 2010, OS BlackBerry merupakan smartphone yang paling diminati para penggunanya. BlackBerry sangat booming pada saat itu, harganyapun diatas 1,5 jutaan. Bahkan harga Curve Gemini aja BlackBerry ngasih harga 1,5 jutaan, apalagi yang diatasnya, hingga 2-5 juta.

Memang, sejak saat itu BlackBerry merupakan salah satu smartphone pilihan pengguna, sebelum android meluncur di kalangannya. Pada tahun tersebut BlackBerry merupakan satu-satunya smartphone yang menjadi pilihan masyarakat, karena dengan keadaan “BlackBerry Messenger” atau BBM. Semua orang rela mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah untuk membeli produk Blackberry, muali dari OS 4,5,6 dan seterusnya. Namun, sejak tahun 2012 karena salah satu keunggulan BlackBerry yakni BlackBerry Messenger bisa di download dan di install di Android dan iPhone, sejak itulah BlackBerry mulai mengalami penurunan. Hingga saat ini, BlackBerry bukan lagi smartphone pilihan masyarakat. Bahkan BlackBerry pun rela meliris OS barunya, yakni BlackBerry OS 10, seperti Z3, Z10, Z30, Q5, Q10, dan lainnya. Namun itu hanya sekejap saja, para pengguna smartphone masih memilih android sebagai smartphone pilihannya. Ya, android menjadi terkenal karena ulah BlackBerry sendiri, yang futur unggulannya bisa di install di android pada tahun 2012 silam.

Sejak BBM sudah bisa di install di android, para pengguna smartphone mengucapkan selamat tinggal untuk BlackBerry. Setelah downnya produk Blackberry, sekarang ini BlackBerry rela menggunakan OS Android, seperti BlackBerry Priv, BlackBerry Aurora, BlackBerry Dtek50 dan 60, dan mungkin nanti ada lagi.

Masih seputar BlackBerry yang dulunya menjadi smartphone no 1 di dunia, kini kalah saing oleh Android milik google. Ya itu karena dia sendiri, yang awalnya BBM hanya bisa di gunakan di BlackBerry, namun sekarang bisa di gunakan di Android, iPhone, dan Windows phone.

Bahkan Whatsapp pun mengucapkan selamat tinggal untuk pengguna BlackBerry OS dan juga BlackBerry 10, kecuali BlackBerry yang menggunakan sistem operasi Android, karena Whatsapp fokus untuk pengguna Android dan iPhone semata.

Setelah sekian lama Android jadi pilihan pengguna, semua merek smartphone rela menggunakan OS Android, seperti halnya, BlackBerry, Nokia, Sony, Lg, dan smartphone lainnya, kecuali iPhone.

Setelah saya lihat para pengguna smartphone, memang jarang sekali memiliki smartphone BlackBerry, semua orang pasti menggunakan Android sebagai smartphone pilihannya. Tapi saya masih menggunakannya, sebagai bahan untuk sms dan telepon saja, karena memang fitur di BlackBerry tidak lagi mendukung banyak fitur, seperti Android.

Mungkin masih banyak pengguna smartphone yang masih menggunakan BlackBerry, tetapi itu hanya sebagian saja, karena BlackBerry sudah tak lagi memiliki fitur dan fungsi seperti dulu waktu masih booming. Adapun BlackBerry yang masih ada keunggulannya mungkin hanya OS 10 yang katanya bisa install aplikasi android, dan juga BlackBerry yang menggunakan OS Android saja yang masih di gunakan para pengguna smartphone.

Buat Kamu

loading…


Newsletter