Mata Kamu Merah? Ini Penyebabnya

Bagikan

Sering kamu merasakan sakit pada mata? Dan matapun memerah akibat beberapa hal yang terjadi pada mata kamu.

Hal ini harus diobati dengan serius, karena akan menyebabkan pembutaan pada mata, tentu saja resiko ini akan membuat kamu jadi gak bisa beraktivitas.

Penyakit mata biasanya disebabkan oleh hal-hal yang dilakukan saat kamu beraktivitas, dan kali ini saya mau ngasih beberapa hal yang menjadi penyebab merahnya mata kamu.

1. Debu yang masuk ke mata

Salah satu penyebab merahnya mata kamu dikarenakan oleh debu. Saat kamu melakukan aktivitas diluar, maka tentu saja banyak debu yang berhamburan di luar, tentu saja jika kamu tidak menggunakan pelindung mata, debu akan masuk secara mudah ke mata kamu.

Akibat masuknya debu terhadap mata kamu, ini akan menyebabkan iritasi terhadap mata, jika kamu menggosoknya tentu saja mata kamu akan memerah, dan hal ini harus kamu hindari, agar mata kamu tidak terkena penyakit.

Jika kamu beraktivitas diluar, usahakan untuk menggunakan pelindung mata, seperti kacamata, atau lainnya.

2. Alergi

Alergi dapat membuat mata memerah, bahkan akan membuat mata kamu gatal-gatal. Biasanya debu, parfum, bulu hewan peliharaan adalah penyebab utama alergi pada mata. Hal ini akan disertai pula dengan hidup tersumbat dan gejala bersin-bersin.

Apalagi pada jenis alergi akibat serbuk sari di udara, gejala yang terjadi adalah mata membengkak, mata gatal, mata berair, juga mengakibatkan batuk. Namun, biasanya obatnya mudah, cukup diobati menggunakan obat rumah.

3. Radang konjungtiva

Radang konjungtiva ini akan berakibat pada pembekakan pada mata, sehingga mata akan mudah memerah. Adapun terjadinya hal ini karena terjadinya infeksi dan alergi pada mata.

Dan harus berhati-hati, walaupun biasanya ini akan mudah sembuh dalam beberapa hari, namun penyakit ini mudah menular. Maka, kamu harao hati-hati ketika mengalami hal ini.

4. Pecahnya pembuluh darah pada mata

Biasanya hal ini akan terjadi, karena perpecahan pembuluh darah pada mata kamu, alhasil mata akan mudah memerah terang, pada bagian konjungtiva. Pembuluh darah yang memerah akan terlihat mencolok, namun hal ini tidak akan mengakibatkan gatal maupun rasa sakit.

Biasanya, mata akan terlihat merah secara mengkhawatirkan, namun hal ini gak akan mempengaruhi pada penglihatan mata. Hal ini akan terjadi bila kamu terlalu menggosok mata dengan keras, bersin yang terlalu kencang, juga akibat muntah parah.

5. Glaukoma

Apa itu glaukoma? Glaukoma adalah hal yang menjadi penyebab kebutaan pada mata, yang biasa ditemui pada orang dewasa, dari umur 60 ke atas. Hal ini terjadi karena penumpukan cairan di bagian depan pada mata, sehingga akan menyebabkan tekanan berlebihan pada mata. Ini akan menyebabkan kerusakan pada saraf penglihatan, sehingga akan mengalami kebutaan.

Glaukoma akan terlihat pada mata merah, penglihatan mengabur, sakit kepala, mual, hingga muntah.

6. Keratitis

Keratitis merupakan peradangan pada kornea mata, gejala yang dialami adalah sulit membuka mata, penuh kotoran dan belakan, mata memerah, nyeri dan berair, bahkan hingga penurunan pada penglihatan.

Penyebab ini akan terjadi karena infeksi virus, jamur dan bakteri, sehingga hal ini akan membuat gangguan pada mata akibat keratitis.

Harapwaspada, hal ini akan terjadi pada perusakan mata secara permanen, jika tidak diobati dengan serius.

Nahah, diatas adalah hal-hal yang menjadi penyebab merahnya pada mata kamu, untuk itu harap hati-hati ya sob, karena mata merupakan mutiara hidup kita.

Buat Kamu

loading…


Newsletter