Sadarilah Bahwa Hidup Hanya Sementara

Bagikan

Kita hidup hanya sementara di dunia ini, dan tak ada manusia yang akan hidup selamanya, semua mahluk ciptaan Tuhan akan mati, kecuali sang pencipta. Tidak ada manusia yang hidupnya sempurna, dan semua manusia sama di sisinya.

Artikel ini sengaja saya tulis, karena saya merasa heran dan gak nyaman, kenapa terlalu banyak orang yang selalu merendahkan orang lain yang rendah darinya, padahal sudah tahu betul bahwa manusia itu sama disisinya. Namanya juga manusia kan, ada yang baik, yang buruk, yang apapun pasti ada, itulah hebatnya manusia.

Apalagi anak jaman sekarang, ketika melihat ada temannya yang lebih rendah darinya, pasti ia bully dengan kesenangan hatinya sendiri, padahal itu sangat buruk baginya sendiri, bukab hanha bagi orang yang ia bully. Banyak kasus-kasus di negara kita, apalagi anak sekolahan, sering saya melihat di media-media berita akan kasus bully Terhadap temannya sendiri yang mungkin lebih rendah darinya. Tetapi itu sebenarnya tidak rendah, hanya pikiran dia semata yang menyangka bahwa orang yang ia bully itu rendah.

Apa benar seperti itu? Tentu, hanya manusia yang bisa dan sering membedakan antara satu manusia sama yang lainnya, bahkan membuat orang itu tak berdaya, padahal allah sendiri gak membedakan yang buruk maupun yang sempurna, karena manusia diciptakan sama olehnya, manusia tidak ada yang sempurna, dan semua manusia pasti akan kembali kepadanya. Cobalah kita renungkan, kasihanilah orang itu, berilah dia perlakuan yang baik, perlakuan yang sama seperti kita, jangan pernah meremehkan atau merendahkan orang lain, lihatlah dulu kita sendiri, dan renungkanlah bahwa kita semua sama disisinya, dan kita semua akan kembali kepadanya tanpa kecualu. Dan bukan kesombongan yang akan kita bawa ke sisinya nanti, tetapi amal kebaikan kita yang akan membuat kita bersamanya dalam kebahagiaan.

Masihkah kalian mau merendahkan orang lain, yang mungkin hidupnya jauh lebih buruk daripada kalian? Stoplah untuk itu, jangan membedakan manusia, tolonglah kasihanilah orang lain yang mungkin lebih rendah darimu, karena itu hanya perasaan kita semata, disisinya kita sama gak ada bedanya. Kasihlah mereka perlakuan yang baik. Coba kalau kita menjadi seperti mereka yang selalu direndahkan, apakah kita mampu untuk menahan air mata? Tentunya tidak, jadi tolong janganlah merendahkan dan membully mereka.

Ingat! Kita hidup hanya sementara, yang tua, yang muda, yang kaya yang miskin, yang apakah itu, kita semua akan mati kembali kepadanya.

Buat Kamu

loading…


Newsletter