Ternyata Susu Dapat Mencegah Diabetes

Bagikan

Susu dikenal oleh banyak orang, karena rasanya yang manis, dan juga manfaat yang luar biasa. Susu yang telah dikenal memiliki banyak kandungan kalsium yang sangat tinggi, juga bisa membantu memadatkan tulang untuk orang dewasa.

Susu juga dapat digunakan sebagai bahan minuman yang bermanfaat bagi orang, baik itu bayi maupun orang dewasa. Maka, jangan heran kalau katanya susu itu sehat, karena memang benar, banyak manfaat dan khasiat dari susu untuk kesehatan manusia bayi maupun dewasa.

Selain itu, ternyata susu juga dapat m menantu kita sebagai bahan pencegahan diabetes. Susu dapat mencegah diabetes melitus, karena terdapat lebih dari 50 jenis asam lemak. Selain itu, susu juga terdapat kandungan karbon rantai genap, dan kandungan karbon rantai ganjil, yaitu asam heptadecanoat atau asam margarat dan pentadecanoat.

Susu juga terdapat asam lemak trans yang dihasilkan melalui biohidrogenasi, bantuan enzim dari bakteri yang ada di saluran pencernaan. Berbeda dengan asam lemak trans yang ada pada pangan olahan lainnya.

Nah, mungkin kamu sudah mengetahuinya, segelas susu terdapat rata-rata 3% sampai 4% susu. Dari jumlah tersebut terdapat 90% dari asam lemak jenuh, 3,7% asam lemak trans, juga 5,3% asam lemak tak jenuh.

Katanya, asam lemak trans yang ada pada susu memiliki pengaruh yang berbeda terhadap kesehatan tubuh manusia, jika dibanding dengan asam lemak trans dari bahan pangan lainnya. Semakin tinggi sirkulasi asam trans-palmitoleat dapat menjadi resiko diabetes.

Konsentrasi asam lemak trans-palmitoleat berhubungan dengan penurunan 19% trigliserida, menurunkan insulin puasa 9,1% dan menurunkan darah sistolik 2,4 gram, juga dapat menurunkan insiden diabetes.

Jadi, susu dapat digunakan sebagai bahan untuk mencegah terjadinya diabetes melitus yang menular. Untuk itu, kamu harus rajin minum susu, dan bisa dikatakan kamu dapat menggantikan gula pasir dengan susu yang memiliki rasa yang sangat manis dan banyak manfaatnya.

Buat Kamu

loading…


Newsletter