Unik, Pertukaran Dua Bahasa Yang Sama Namun Berbeda

Bagikan

Bahasa merupakan alat untuk berbincang bersama, sekian banyak bahasa di dunia memiliki arti yang sama namun pengucapan yang berbeda. Bahkan di Indonesia saja ratusan bahasa daerah ada di seluruh Nusantara.

Diantara banyak bahasa, kita akan bahas soal bahasa Indonesia dan bahasa Sunda. Ada satu kata dengan pertukaran bahasa, namun arti yang sama. Apakah kata yang saya maksud tersebut?

Kamu tahu Pedes? Ya, pedes merupakan salah satu bahasa yang ditunjukkan untuk sesuatu pada tubuh manusia, ketika makan cabai. Nah, jika dalam bahasa Sunda, Pedas merupakan Lada, tahu kan lada? Ya, lada merupakan salah satu jenis tanaman yang digunakan untuk resep masakan.

Jangan aneh ketika kamu pergi ke tanah sunda, baik Banten maupun Jawa Barat, mendengar ucapan lada ketika makan cabai, dan mengucapkan kata pedes ketika membeli lada di pasar. Ya, karena lada dalam bahasa Sunda artinya pedas, jika diartikan kedalam bahasa Indonesia. Dan sebaliknya, pedas berarti lada, jika dibahasakan dalam bahasa Indonesia.

Jika kamu bingung, maka saya akan jabarkan, bahasa Sunda Lada = Pedas dan Pedas = Lada, dan sebaliknya, jadi kata tersebut di tukar dalam dua bahasa.

Jika ada orang Sunda membeli resep sebuah makanan, maka ketika ia membeli Lada, ia akan mengatakan “Pedes” dan ketika ia memakan cabai, ia akan mengatakan “Lada“. Itulah uniknya bahasa dalam kehidupan sehari-hari.

Buat Kamu

loading…


Newsletter